TUTORIAL

Trend 2015

Minggu, Oktober 16

Tips Aman Menggunakan Internet

Tips Aman Menggunakan Internet- Pengguna internet di Indonesia sekarang ini terus meningkat. Berdasarkan informasi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika yang dihimpun  detikinet jumlah pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2010 mencapai 45 juta orang dengan akses ponsel dan komputer. Pengunaan Internet dewasa ini untuk berbagai keperluan. ada yang sekedar untuk area chating, beriteraksi dalam sosial network seperti facebook-an, twitter-an dan ada yang sekedar berselancar tanpa tujuan jelas. Namun sekarang ini internet juga semakin banyak digunakan untuk pencarian informasi bahkan bisnis internet pun makin menggeliat di Indonesia. Ini merupakan perkembangan yang menggembirakan, karena internet digunakan untuk kegiatan positif dan produktif.
Internet dapat diibaratkan sebuah kota, dengan beragam motivasi dan kegiatan para penggunanya, ada yang baik tapi tidak sedikit pula yang jahat. Untuk itu saat kita menggunakan kecanggihan teknologi siap saji ini kita hendaknya berhati-hati agar dapat terhindar dari jebakan dan kejahatan yang sengaja dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketidak pahaman melindungi diri para pengguna internet mengakibtkan berbagai hal yang kontraproduktif. Niat mencari informasi terkait dengan tugas, pekerjaan, bisnis, tekologi, agama yang sangat positif bisa-2 malah terjebak pada informasi atau gambar yang negatif. Karena memang di internet semua informasi dan gambar tersedia bebas dan mudah diakses, cukup tulis kata di google dan enter maka akan muncul banyak informasi.
Banyak penguna internet tanpa menyadari ternyata komputernya telah menjadi sarang virus. Belum lagi jebakan para hecker yang sengaja membuat pishing dengan menggunakan cara dan bahasa yang sangat profesional. Oleh karena itu selayaknya anda para penguna internet selalu waspada pada saat di internet.

Tips berikut ini mungkin berguna bagi para pengguna internet;

1. Pasang / install program antivirus di komputer anda dan usahakan selalu update
2. Aktifkan fitur firewall ( dinding pengaman ) di komputer anda
3. Jangan membuka email yang tidak jelas sumbernya, masukkan ke spam atau hapus saja email tersebut
4. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol saat membuat password agar sulit ditebak. Jangan menggunakan tgl lahir, nama anggota keluarga dan hal lain pada akun pendaftaran.
5. Jangan menggunakan password yang sama pada semua akun anda di internet
6. Untuk orang tua sebaiknya sering-sering memeriksa anaknya ketika mengunakan komputer/internet
7. Jangan meletakkan komputer di kamar anak, agar orang tua mudah mengontrol/mengawasi.
Nah dengan tips ringan tersebut semoga dapat meminimalisir dampak negatif saat menggunakan internet.

Menarik untuk Dibaca:

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online