TUTORIAL

Trend 2015

Minggu, Mei 29

Transfer Uang Melalui Internet

Transfer Uang Melalui Internet memiliki kelebihan, antara lain nasabah tidak perlu pergi ke bank atau ke atm, bagi yang di rumah ada internet maka tidak perlu keluar rumah. Selain itu juga lebih aman, bisa dilakukan sewaktu-waktu, jumlah dana pun hampir tanpa batas, dan bisa kirim ke bank tujuan manapun, yang penting tahu nama bank dan nomor rekening tujuan.Meski demikian tetap ada keterbatasannya yaitu jika kita kirim uang ke bank lain melalui kliring maka uang yang ditransfer tidak serta merta masuk ke rekenig tujuan tetapi menunggu proses dari pusat, jadi lumayan agak lama tetapi masih hari yang sama. Transfer yang langsung masuk ke rekening tujuan bisa melalui ATM, artikelnya dapat anda baca pada cara mengambil dan transfer uang melalui atm. Untuk mentransfer uang antar bank, anda harus mengetahui kode bank tujuan, bisa anda baca di kode bank jaringan bersama.
Untuk dapat menggunakan layanan internet banking ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu;
1. Memiliki rekening tabungan yang ditetapkan oleh bank
2. Memiliki kartu ATM, syarat dan tata cara pengurusannya silahkan hubungi Customer Servise bank yang bersangkutan
3. Anda harus memiliki Token, yaitu alat semacam remote yang berguna menghasilkan angka (PIN) dinamis yang selalu berubah. Token merupakan alat pengaman agar PIN tidak terlacak oleh siapapun, karena angkanya yang selalu berubah. Token berguna sebagai penghasil angka dinamis yang akan dimasukkan di internet saat anda melakukan tranfer. Angka (PIN) dari token hanya bisa dipakai sekali, utk transfer berikutnya sudah berubah sendiri. Jadi dengan cara demikian transfer via internet akan aman. Saya sendiri sudah sering melakukannya.
4. Token tidak dijual bebas di luar bank, jadi hanya bisa diperoleh dari bank. Anda harus mendaftarkan diri (registrasi)dulu di ATM, lalu hubungi pihak CS bank untuk mengurus token, harganya tidak seberapa, di Bank Mandiri hanya Rp.10.000 yang dipotong dari tabungan, sedangkan di BNI Rp 20.000 dibayar saat token diserahkan.
5. Anda juga harus membuat account di website bank bersangkutan, misalnya di web Bank Mandiri atau web BNI. Seperti biasa anda diminta memasukan email, username dan pasword.
6. Jika anda sudah memiliki account di web bank, maka anda sudah dapat membuka dan memantau perkembangan rekening bank anda dari rumah.Untuk transaksi memang masih terbatas pada non finansial. Anda belum bisa melakukan transfer dan pembayaran. Jadi yang bisa anda lakukan sebatas melihat mutasi rekening dan saldo. Untuk menmbaca informasi lebih lengkap Anda bisa baca di sini atau di sini.

Fasilitas yang dapat kita manfaatkan dari internet banking adalah;
1. Melihat mutasi rekening dan saldo kapan saja dari rumah
2. Transfer uang kemanapun bank tujuan tanpa perlu ke bank atau atm
3. Melakukan pembayaran; misal pembabayaran tagihan PLN, pembayaran tagihan Telkom, pembayaran tiket pesawat, dan pembelian pulsa.

Bagi Anda yang ingin memperlancar mobilitas penggunaan dana bank, penggunaan internet banking menjadi salah satu alternatif dan solusi bijak yang perlu dipikirkan, setuju?




Menarik untuk Dibaca:

3 Comments:

Anonim said...

mau nanya mas, saya punya rekening taplus biasa (taplus rupiah ) kalo pake bni internet banking, bisa di pake transfer ke luar negeri gak pak, trus otomatis di konversi ke mata uang bank penerima ?

Makhasin said...

@Anonim saya belum pernah melakukan transfer ke bank di LN, jika anda ingin melakukan harus tahu persis nama bank tujuan dan Kode swift bank tujuan, jika masih ragu sebaiknya tanyakan dulu ke CS BNI terdekat.

ilham cimoy said...

bagaimana cara menstransfer uang pake internet banking mas

blogger templates | Make Money Online