TUTORIAL

PROMO

Image and video hosting by TinyPic

Kamis, November 29

Rencana Pemberlakuan Kurikulum 2013

Rencana pemberlakuan kurikulum 2013. Pemerintah berencana menerapkan kurikulum 2013, sebagai kelanjutan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 ditujukan untuk menyempurnakan kurikulum yang sudah ada yaitu KTSP yang diterapkan sejak 2006.

Kurikulum 2013 yang rencanaya akan diterapkan tahun pelajaran 2013 dengan pertimbangan masih adanya kelemahan pada KTSP. Pada KTSP sekolah dan guru diberi kewenangan menyusun kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah masing2, namun ternyata tidak semua guru memiliki kemampuan/tidak profesional menyusun kurikulum, akibatnya hampir di semua sekolah hanya adopsi alias kopi paste kurikulum yang dibuat oleh pusat, demikian ungkap Ibrahim Bafadal, Direktur Pembinaan SD Ditjen Dikdas Kemdikbud.

Pada kurikulum 2013 ada perubahan struktur kurikulum di tingkat SMP dan SD. Di SMP jumlah mata pelajaran dari 12 berkurang menjadi 10, sedangkan di SD jumlah pelajaran tinggal 6. Dua pelajaran yang dihilangkan di SMP adalah pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Pengembangan diri. Sedangkan di SD pelajaran IPA dan IPS tematik dalam pelajaran lain, yaitu dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan PKn.

Meski dalam jumlah pelajaran berkurang, tetapi untuk jumlah jam pelajaran bertambah, seperti Pendidikan Agama dan PKn di SMP.Demikian pula secara keseluruhan jumlah jam pelajaran juga lebih banyak, untuk SD jumlah jampelajaran 26-36 jam sesuai tingkatan, sedangkan untuk SMP 38 jam pelajaran.

Sebagian anggota masyarkat menanggapi rencana pelaksanaan kurikulum 2013 ini dengan mengatakan "biasa ganti menteri ganti kurikulum". Nah bagaimana tanggapan Anda?

Mudah-mudahan niat pemerintah melaksanakan kerikulum 2013 ini benar-benar untuk meningkatkan kemajuan dunia pendidikan dan kemajuan bangsa, mengingat kemajuan suatu bangsa sangat tergantung dari kemajuan pendidikan. Apalagi pelaksanaan kurikulum 2013 ini kabarnya menelan biaya yang sangat besar yaitu Rp.170.891.439.000 ckckck. Namun sebaik apapun rencana penyempurnaan kurikulum dengan biaya yang amat besar, tidak akan maksimal di lapangan jika sosialisasi dan implementasinya di lapangan tidak tuntas.
Baca juga artikel ini Kurikulum Bisnis

 

Menarik untuk Dibaca:

8 Comments:

Cara Alami Mengobati Maag Kronis said...

makasih infonya

Cara Alami Mengobati Radang Telinga said...

semoga sukses selalu

Cara Alami Mengobati Luka Bekas Operasi said...

Salam kenal dan sukses selalu

Cara Alami Mengobati Tumor Rahang said...

infonya sangat bermanfaat sekali

Obat Tradisional Penyakit Liver said...

thank's infonya

Obat Tradisional Penyakit Patah Tulang said...

Ikut gabung sisni ea

Obat Tradisional Penyakit Kanker Serviks said...

sukses terus ea

Obat Tradisional Penyakit Nyeri Sendi said...

jangan lupa mampir balik ya gan

blogger templates | Make Money Online