TUTORIAL

Trend 2015

Senin, Desember 17

Segera Nonaktifkan Arsip Blog Anda

Segera nonaktifkan arsip blog. Membuat arsip atau dokumen atas sesuatu yang sudah dikerjakan adalah hal yang baik dan bermanfaat. Arsip layaknya sebagai back up data, jadi kalau ada hal hal yag tidak dinginkan, maka masih ada data yang tersimpan.

Namun fakta tersebut berbanding terbalik dengan keberadaan arsip di blog.Tiap blog secara default telah dilengkapi seting arsip. Dengan membiarkan seting arsip tetap aktif maka tiap artikel yang anda tulis akan diduplikasi secara otomatis. Akan ada 3 artikel yang sama, 1 asli artikel yang anda tulis dan 2 link lannya yang berbeda, dengan konten yang sama (duplikat conten). Jadi pada halaman arsip blog anda akan ada 3 artikel/posting yang sama persis di home page.  Dan ternyata duplikat conten adalah masalah yang serius di mata para robot pencarian.

Duplikat conten adalah suatu yang dibenci mesin pencari Search Engine, apalagi Eyang Google. Karenanya arsip dalam blog perlu segera dinonaktifkan, agar blog anda tidak dibenci dan dijauhi Google dan mesin pencari lain.Nah untuk itu pula hendaknya anda tidak melakukan kopi paste 100% artikel dari tempat lain untuk posting blog anda, agar dalam blog anda tidak terjadi duplikat conten ganda, menggandakan posting dari blog lain dan di dalam blog di duplikat oleh arsip, ini bisa super bahaya.....bisa-bisa blog anda ga akan dilirik, apalagi di datangi oleh Eyang, ckckck....

Untuk menonaktifkan arsip ada dua pilihan, tergantung mana yang anda suka dan bisa.
Cara pertama:
login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai  simpan setting.
Cara kedua:
Pada blogger baru setting arsip seperti pada cara pertama sulit ditemukan, karenanya gunakan cara ke dua ini:
1. Login ke blog anda
2. Klik Desain >> Edit Html (centang Expand template Widget)
3. Cari kode tag <head>
4. Kopi dan paste kode merah di bawah ini tepat di bawah kode <head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

Dengan meletakkan kode tersebut maka robot pencari tidak akan mengindeks arship dalam blog anda, sehingga terhindarlah dari cap blog duplikat conten


 

Menarik untuk Dibaca:

2 Comments:

tipstrikblogging.com said...

Iya ya, anaa baru tau, mmg ttg SIO msh prlu bnyk belajar ni. Klu bgtu nnt diterapkan trik SEOx. Makasih sharex.

mengetahui seo said...

kalau misal lewat setelan--preperensi penelusuran--tag robot--pilih yang mana ya kan ada tiga?

blogger templates | Make Money Online