TUTORIAL

PROMO

Image and video hosting by TinyPic

Sabtu, Januari 22

Macam-Macam Kecerdasan Manusia

Pada umumnya orang menganggap bahwa anak cerdas adalah anak yang pintar Matematika dan IPA saja, atau anak yang selalu mendapat ranking. Anggapan seperti itu memang tidak salah. Tetapi Kecerdasan itu tidak semata-mata cerdas di sekolah. Ada bermacam-macam kecerdasan yang dimiliki manusia.

1. Kecerdasan Linguistik: Word Smart
Yaitu kecerdasan seseorang menggunakan kata-kata secara efektif. Kecerdasan seperti ini sangat berguna bagi para penulis,aktor, pelawak, selebriti, host, motivator dan para pembicara hebat. Kecerdasan Linguistik juga sangat menunjang karier politik dan pemasaran. Orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik umumnya memiliki kepribadian suka menulis kreatif, menulis kisah khayal, lelucon, cerpen, suka membaca buku suka mengisi teka-teki dan suka dengan permainan kata. Jika anda memiliki ciri dan kesukaan itu maka kembangkanlan potensi tersebut secara terus menerus, suatu saat Anda akan jadi orang hebat.

2. Kecerdasan Logis-Matematis : Number Smart
Yaitu keterampilan mengolah angka serta kemahiran menggunakan logika dan akal sehat. Kecerdasan inilah yang digunakan oleh para ilmuwan untuk membuat hipotesa dan mengujinya. Juga digunakan oleh Akuntan pajak, pemprograman komputer dan ahli matematika.
Orang-orang pemilik keceradasan Logis-Matematis memiliki beberapa ciri; suka dengan matematika dan IPA, menikmati bahasa komputer, suka bermain catur dan permainan strategi lain, menjelaskan masalah secara logis, suka bermain teta-teki logika, mudah memahami sebab-akibat.
Jika Anda memiliki ciri tersebut kembangkan terus, suatu saat Anda bisa menjadi ilmuwan, ahli pemprograman komputer, atau filosof.

3. Kecerdasan Spasial : Picture Smart
Yaitu kecerdasan gambar dan bervisualisasi. Kecerdasan inilah yang dimiliki para pemahat, dan pelukis. Pemilik kecerdasan Spasial biasanya menonjol dalam bidang seni, mudah membaca grafik, peta dan diagram, menggambar sosok orang atau benda mirip aslinya, lebih mudah memahami melalui gambar daripada lewat kata-kata. Karenanya jika Anda pemiliknya maka kembangkanlah terus agar Anda kelak menjadi pelukis, pemahat, designer dan perancang bangun yang hebat.

4.Kecerdasan Kinestetik-Jasmani : Body Smart
yaitu kecerdasan yang meliputi kecerdasan seluruh tubuh dan tangan, seperti penari, pantomin, atlet, montir, penjahit, tukang kayu dan ahli bedah.
Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya tidak suka duduk lama-lama, lebih suka bergerak, menyukai studi lapangan, suka membongkar benda lalu disusun lagi, perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari.

5. Kecerdasan Musikal : Music Smart
Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan menyanyikan sebuah lagu, mengingat melodi musik, mempunyai kepekaan irama.

6.Kecerdasan Antar Pribadi : People Smart
Yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan untuk memahami dan bekerja untuk orang lain, seperti kemampuan memimpin dan mengorganisir orang lain. Kecerdasan ini juga dapat disebut dengan kecerdasan emosional, karena melibatkan perasaanJika Anda sangat populer di kaangan teman-teman dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan maka Anda memiliki bakat untuk menjadi pemimpin, pengusaha atau konselor.

7. Kecerdasan Intra Pribadi : Self Smart
Yaitu kemampuan memahami diri sendiri. Kecerdasan ini penting bagi para wirausahawan untuk membuka bisnis. Jika Anda pandai menentukan target untuk diri sendiri, tidak pemalu, penuh percaya diri, maka Anda berbakat dalam kecerdasan ini.

8. Kecerdasan Naturalis : Nature Smart
Kecerdasan Naturalis melibatkan kemampuan untuk mengenal bentuk-bentuk alam sekitar kita seperti pepohonan, bunga, flora dan fauna. Kecerdasan ini dibutuhkan untuk menjadi ahli biologi, dokter dan para peneliti flora-fauna.

9. Kecerdasan Imajinatif
Yaitu kemampuan yang dimiliki sesorang yang mampunyai hasrat atau imajinasi yang ideal yang menjadi motivasi untuk mewujudkannya agar sukses di masa depan.

10. Kecerdasan Behavioris
Yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan tingkah laku untuk menilai mana tingkah laku yang sopan, yang santun, yang bijak, yang benar, yang baik, yang sombong, yang merusak, yang berbahaya.

11. Kecerdasan Elaboratif
Yaitu kecerdasan untuk menyelami dan mendalami ide serta gagasan. Dengan kecerdasan ini orang berfikir matang untuk melakukan suatu tindakan sehingga tidak merusak diri dan kehidupannya.

12. Kecerdasan Eksploratif
Yaitu kecerdasan seseorang untuk menggali, mengekplorasi semua kemampuan diri untuk mewujudkan impian dan cita-cita agar bisa hidup sukses di masa depan.

13. Kecerdasan Eksposisif
Yaitu kemampuan seseorang untuk mengetahui dan menilai sesuatu itu baik atau jahat, benar atau salah, dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak melakukan hal yang salah dan jahat.

Untukmenjadi orang yang sukses, kenali diri Anda dengan baik, temukan kecerdasan yang paling menonjol/dominan dalam diri Anda, dan kembangkan secara terus menerus sehingga dapat menjadi pengarah, dan motivator dalam hidup anda.

Semoga Anda menjadi orang sukses.



Menarik untuk Dibaca:

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online