TUTORIAL

Trend 2015

Sabtu, Oktober 16

Membangkitkan Semangat Belajar pada Anak

Setiap orang tua pasti mengharapakan anaknya mencapai prestasi belajar yang baik. Prestasi itu tentu dapat diraih bila si anak memiliki kemauan dan semangat untuk belajar. Berikut beberapa hal yang bisa di lakukan orang Tua untuk meningkatkan semangat belajar pada anak.

  1. Memberikan motivasi. Semakin kuat motivasinya semakin senang anak untuk belajar. Dengan memberi motivasi secara terus menerus diharapkan motivasi belajar pada akhirnya tumbuh dari diri anak sendiri.
  2. Menjelaskan tujauan belajar. Tujuan dapat memberi arah yang jelas bagi anak dalam belajar. Dengan tujuan belajar yang di pahaminya, anak akan lebih tekun dalam belajar.
  3. Menjelaskan manfaat belajar. Menjelaskan manfaat belajar dapat dilakukan dengan memberi contoh nyata dalam kehidupan sehari- hari di sekitar anak. Misalnya, si Anu yang tadinya pernah tidak naik kelas, akhirnya bisa lulus dengan nilai terbaik di sekolah.
  4. Memberi kesempatan belajar. Memberi kesempatan berarti juga tidak mengganggu anak pada saat sedang tekun belajar. orang tua bisa pula mengajak anak berkunjung ke tempat- tempat yang memberi suasana belajar, misalnya Perpustakaan, Kebun binatang.
  5. Menciptakan suasana bersaing. Persaingan bisa dilakukan dengan diri sendiri atau orang lain. Contohnya, orang tua mendorong anak berlomba mengejar prestasi di sini tidak melulu berupa angka yang baik, tetapi juga peningkatan- peningkatan yang di capai.
  6. Mencukupi sarana belajar. Dalam memenuhi sarana belajar hendaknya sesuai dengan tingkat kebutuhan anak, karena kebutuhan mereka berbeda.
  7. Memberikan contoh. Anak akan lebih bergairah dalam belajar bila melihat orang tuanya juga selalu beljar.
  8. Memberi hadiah. Anak yang menunjukan prestasi baik dari hasil belajarnya layak mendapat hadiah. Bentuknya bisa materi, kasih sayang, perhatian, pujian dan bentuk lain sesuai dengan kondisi anak.



Menarik untuk Dibaca:

2 Comments:

Unknown said...

semangat Belajar SEO memang perlu ditumbuhkan sejak kecil pada anak

PCB Rizal said...

Salam kenal BJGP-Rizal, guru elektronik senang berbagi dengan rangkaian sensor pendeteksi air sederhana dan membuat robot sederhana dengan seorang blogger junior

blogger templates | Make Money Online